Apa itu Google Translate? Cara Menggunakan, Cara Kerja, dan Manfaatnya

By | 8 September 2019
Apa Itu Google Translate
7 Shares
Apa itu Google Translate? Cara Menggunakan, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Govermedia – Apa itu Google Translate?

Google Translate adalah Layanan gratis yang disediakan oleh Google Inc, yang berguna untuk menerjemahkan kata, frasa, dan halaman web secara instan dari bahasa yang satu dengan bahasa yang lain, dan mendukung lebih dari 100 bahasa didunia.

Perlu diingat…!!!

Pada dasarnya Google Translate bukanlah alat penerjemahan yang sempurna.

Untuk beberapa bahasa, pengguna diminta untuk memberikan terjemahan alternatif, seperti untuk istilah teknis, yang akan dimasukkan untuk pembaruan dalam proses penerjemahan selanjutnya.

Google Translate memiliki beberapa keterbatasan.

Tetapi tetap bisa membantu pembaca untuk memahami isi umum dari teks bahasa asing.

Cara Kerja Google Translate

Setiap harinya kita menggunakan teknologi yang berbeda tanpa mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Pada faktanya, tidak mudah mudah untuk mengerti engine untuk machine learning.

Kali ini Govermedia mencoba untuk meng-explore dan mejelaskan machine learning translator terutama pada kinerja algoritma Google Translate.

1. Deep learning translation problems

Jika engine Google Translate mencoba untuk mentranslasi kalimat dari yang panjang hingga yang pendek, tetapi sering kali tidak berhasil.

karena besarnya jumlah variasi kemungkinan yang terjadi. Maka solusi terbaiknya ialah,

“Melatih/mengajarkan komputer untuk menentukan aturan grammar dan mentranslasi kalimat oleh komputer itu sendiri”

Jika anda mencoba mempelajari bahasa asing, anda tentu akan dikenalkan dengan beberapa aturan khusus.

Jika mencoba merekam dan menerapkan aturan-pengecualian-aturan-pengecualian pada sebuah program maka kualitas terjemahan menjadi rusak.

Machine Translation System menggunakan pendekatan yang berbeda.

Aturan-aturan dialokasikan dari teks dengan menganalisis sejumlah dokumen dalam skala besar.

“Sekarang, mari kita meng-investigasi apa yang tersembunyi dibalik “kotak box (black box)” yang kita sebut sebagai mesin translator”

Deep neural network telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa untuk melakukan tugas-tugas rumit (seperti recognisi suara/visual).

Disamping fleksibilitas deep neural network, mereka hanya bisa diterapkan pada tugas-tugas dimana input dan target (output) memiliki dimensi yang tetap.

2. Recurrent Neural Networks

Disini dimana kita menggunakan Long Short-Term (LSTMs) untuk mengetahui kita mengerjakan urutan (sequence) yang tidak diketahui panjangnya dan letak prioritasnya.

LSTM adalah bagian dari RNN (Recurrent Neural Network) yang mampu mempelajari long-term dependecies.

Semua RNN terlihat seperti rantai pengulangan pada module.

3. Bidirectional RNNs

Langkah kita berikutnya adalah bidirectional recurrent neural networks (BRNNs). Apa itu?

BRNN memisahkan neuron RNN biasa ke dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk waktu positif (positive time), atau state kedepannya/selanjutnya (forward).

Tujuan yang kedua adalah untuk waktu negatif (negative time), atau state sebelumnya/kebelakang (backward).

Outpu dari dua state ini tidak berhubungan pada input dari state dari arah berlawananan.

Untuk mengerti mengapa BRNN bisa berkerja lebih baik dibanding RNN biasa.

Anda bisa membayangkan sebuah kalimat dari 9 kata, kita ingin memprediksi kata ke-5. Kita hanya bisa mengetahuinya hanya dengan 4 kata pertama, atau 4 kata pertama dan terakhir.

4. Sequence to sequence

Langkah berikutnya adalah sequence to sequence model (atau biasa disebut dengan seq2seq).

Model seq2seq memiliki dua RNN: 1 untuk encoder network (jaringan) yang memproses input dan 1 lagi untuk decoder network (jaringan) untuk menghasilkan output.

Google translate saat ini (2017) mendukung 103 bahasa, maka kita harus memiliki 103×102 model bahasa yang berbeda untuk saling dipasangkan.

Yap benar, kualitas model ini bervariasi sesuai dengan popularitas bahasa dan jumlah dokumen yang tersedia untuk melatih network (jaringan) ini.

5. Google Translate

Ide ini direalisasikan oleh Google engineers diakhir tahun 2016. Arsitektur NN dibuat dengan model seq2seq yang telah dipelajari sebelumnya.

Salah satu pengecualinnya adalah diantara encoder dan decoder terdapat 8 layer LSTM-RNN yang mempunyai residu (sisa) keterkaitan antar layer tersebut dengan beberapa tweak akurasi dan speed.

Jika anda ingin lebih dalam untuk mempelajari hal tersebut anda bisa lihat pada link berikut:

Hal yang utama dari pendekatan ini ialah saat ini algoritma Google Translate hanya menggunakan satu sistem dan bukan satu set besar untuk setiap pasangan bahasa.

Sistem mebutuhkan sebuah “token” pada awal input kalimat yang dikhususkan pada bahasa yang ingin ada terjemahkan.

Hal tersebut meningkatkan kualitas terjemahan dan mampu menerjemahkan walaupun antara dua bahasa tersebut tidak dimiliki oleh sistem. Metode ini disebut “Zero-Shot Translation.”

6. What Means Better Translation?

Saat kita berbicara mengenai peningkatan dan hasil yang lebih baik pada algoritma google translate, muncul satu pertanyaan baru.

Bagaimana cara meng-evaluasi bahwa kandidat pertama translasi lebih baik dibanding yang kedua?

Ini bukanlah masalah sepele, karena beberapa kalimat umum yang digunakan kita memiliki kumpulan referensi terjemahan dari penerjemah profesional dan tentu itu membuat suatu perbedaan.

Beberapa pendekatan untuk memecahkan masalah ini adalah menggunakan BLEU (bilingual evaluation understudy) yang cukup populer, dan merupakan matrix yang efekif.Sekarang coba bayangkan kita memiliki dua mesin penerjemah:

Sekarang coba bayangkan kita memiliki dua mesin penerjemah:

Candidate 1: Statsbot makes it easy for companies to closely monitor data from various analytical platforms via natural language.

Candidate 2: Statsbot uses natural language to accurately analyze businesses’ metrics from different analytical platforms.

Sekalipun keduanya memiliki makna yang sama tetapi kualitas dan strukturnya berbeda. Jika kita lihat pada hasil penerjemahan manusia:

Reference 1: Statsbot helps companies closely monitor their data from different analytical platforms via natural language.

Reference 2: Statsbot allows companies to carefully monitor data from various analytics platforms by using natural language.

Jelas sekali bahwa kandidat 1 lebih baik, sharing more words dan frasa jika dibandingkan dengan kandidat kedua. Ini adalah adalah kunci pemikiran dari pendekatan BLEU. Kita bisa membandingkan n-grams kandidat dengan n-gram translasi referensi dan menghitung jumlah kesamaan (tidak tergantung dari posisinya). Kita cukup menggunakan ketepatan n-gram, karena menghitung recall (penarikan/ingatan) sangat sulit dengan beberapa refs dan hasilnya ialah rata-rata geometric dari nilai n-gram.

Nah kita bisa meng-evaluasi mesin yang complex pada machine learning tanslation. Kedepannya jika anda men-translate seperti Google Translate, bayangkan berapa juta dokumen yang dianalisis sebelum memberikan hasil translasi yang terbaik untuk anda.

Cara Menggunakan Google Translate

Apa itu Google Translate? Cara Menggunakan, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Fitur Google Translate – Google Translate adalah Layanan gratis yang disediakan oleh Google Inc, yang berguna untuk menerjemahkan kata, frasa, dan halaman web secara instan dari bahasa yang satu dengan bahasa yang lain, dan mendukung lebih dari 100 bahasa didunia.

Google Translate sangatlah membantu para pengguna dalam memberikan arti umum bahasa asing. Namun, salah satu kelemahan Google Translate adalah pengertiannya yang kurang akurat.

Walaupun begitu, Google terus melakukan perkembangan dan perubahan dengan teknologi terjemahan mereka.

Google pun memastikan bahwa teknologi NMT (Neural Machine Translation) milik mereka semakin lama semakin cerdas.

Ditambah pula dengan dukungan berbagai macam fitur barunya, aplikasi Google Translate bahkan mampu digunakan untuk menerjemahkan lebih dari 100 bahasa dari berbagai sumber media, seperti tulisan teks, suara, sampai dengan teks pada gambar yang diambil dengan kamera.

1. Google Translate Offline

Bila dulu, aplikasi terjemahan Google di Android hanya bisa digunakan secara Online (daring), maka saat ini layanan aplikasi Google Translate telah didukung dengan fitur Offline (luring) hingga memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan lebih dari 100 bahasa tanpa harus terhubung dengan koneksi internet.

Agar bisa menggunakan fitur Offline di aplikasi Google Translate, maka pengguna perlu mengunduh data bahasa yang diinginkan terlebih dahulu (untuk melakukan hal ini Anda harus terhubung sambungan internet).

  • Buka aplikasi Google Translate
  • Lakukan tap pada menu pilihan bahasa yang terletak di bagian kanan/kiri atas layar
  • Sesaat setelah itu akan muncul daftar bahasa yang didukung aplikasi Google Translate. Pada tahap ini lakukan tap pada tombol unduh (ditandai gambar panah ke bawah) yang terletak di samping masing-masing bahasa pada daftar.

2. Google Translate Teks Ketikan

Fitur menerjemahkan teks ketikan adalah fitur dasar dari aplikasi Google Translate. Cara menggunakannya sangatlah sederhana cukup ketikkan kata atau kalimat dalam bahasa tertentu.

  • Buka aplikasi Google Translate
  • Pilih bahasa yang akan diterjemahkan dan bahasa hasil terjemahan. Caranya, lakukan tap pada pilihan bahasa yang terletak di bagian kanan serta kiri atas layar aplikasi, dan selanjutnya pilih salah satu bahasa yang ingin diterjemahkan.
  • Lakukan tap di dalam kotak memasukkan ketikan, lalu ketik kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan
  • Selanjutnya, secara otomatis aplikasi Google Translate akan memunculkan hasil terjemahan di dalam layar

3. Google Translate Teks Tulis Tangan

Fitur terjemahan teks tulisan tangan di aplikasi Google Translate adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan kata atau kalimat berupa tulisan tangan yang dibuat di dalam layar aplikasi Google Translate.

  • Buka aplikasi Google Translate
  • Lakukan tap pada tombol fitur Handwriting (Tulisan tangan)
  • Selanjutnya tulis kata atau kalimat di dalam kotak membuat tulisan yang muncul di bagian bawah layar aplikasi
  • Hasil terjemahan akan muncul secara otomatis di bagian atas layar

4. Google Translate Voice “Suara”

Aplikasi Google Translate juga memiliki sebuah fitur canggih, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa tertentu yang diperdengarkan dari suara ucapan pengguna.

  • Buka aplikasi Google Translate
  • Atur pilihan bahasa yang ingin diterjemahkan
  • Lakukan tap pada tombol fitur Suara (Voice) yang ditandai dengan gambar satu mikrofon
  • Selanjutnya, ucapkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan
  • Secara otomatis aplikasi Google Translate akan memunculkan hasil terjemahan di bagian atas layar. Untuk mendengarkan hasil terjemahan lakukan tap pada tombol bergambar ikon pengeras suara (speaker)

5. Google Translate Percakapan

Fungsi fitur terjemahan percakapan hampir sama dengan fitur suara, dimana aplikasi Google Translate akan menerjemahkan kata atau kalimat yang diperdengarkan dari suara pengguna. Bedanya, dengan fitur percakapan pengguna akan bisa mendapatkan dan mendengarkan hasil terjemahan dari dua sisi bahasa yang diucapkan dalam sebuah percakapan.

  • Buka aplikasi Google Translate
  • Atur pilihan bahasa yang ingin diterjemahkan
  • Lakukan tap pada tombol fitur terjemahan Percakapan (Conversation)
  • Tahap berikutnya Anda bisa memilih satu dari tiga pilihan penerjemahan, yaitu pilihan berdasarkan bahasa yang akan diterjemahkan, pilihan bahasa hasil terjemahan, atau pilihan otomatis untuk mendengarkan hasil terjemahan keduanya
  • Ucapkan kata/kalimat tertentu, atau lakukan percakapan dengan dua bahasa yang berbeda dengan orang lain
  • Secara otomatis aplikasi Google Translate akan memunculkan dan memperdengarkan hasil terjemahan

6. Google Translate Kamera

Selain ketikan dan suara, aplikasi Google Translate juga dilengkapi dengan fitur menerjemahkan kata dalam bahasa tertentu yang bersumber dari gambar yang diambil menggunakan kamera perangkat Android.

  • Buka aplikasi Google Translate
  • Atur pilihan bahasa yang ingin diterjemahkan
  • Lakukan tap pada tombol fitur Kamera
  • Selanjutnya, secara otomatis kamera di perangkat Android Anda akan aktif. Pada tahap ini arahkan kamera pada gambar yang mengandung teks, yang ingin Anda terjemahkan, lalu tekan tombol mengambil gambar
  • Tahap berikutnya, aplikasi Google Translate akan bekerja mencari dan menandai teks yang terdapat di dalam gambar lalu, dengan tanda kotak
  • Tandai teks yang tampil untuk diterjemahkan
  • Tak perlu menunggu lama, hasil terjemahan dari kata yang telah Anda tandai akan secara otomatis dimunculkan Google Translate

7. Google Translate Dokumen

Fitur terjemahan dokumen di aplikasi Google Translate adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan kata atau kalimat berupa dokumen..

  • Buka aplikasi Google Translate
  • Buka dokumen yang akan di translaste
  • Selanjutnya salin semua kata maupun kalimat didalam dokumen tersebut, lalu di tempelkan pada aplikasi Google Translate
  • Hasil terjemahan akan muncul secara otomatis di layar aplikasi Google Translate

8. Google Translate Tap

Fitur terjemahan Tap teks di aplikasi lain di aplikasi Google Translate adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan kata atau kalimat berupa kata maupun kalimat yang berada di lain aplikasi dengan sangat mudah, tapa perlu buka tutup aplikasi Google Translate.

  • Buka aplikasi Terjemahan Aplikasi Terjemahan.
  • Di kiri atas, tap Menu lalu Setelan.
  • Tap untuk Menerjemahkan.
  • Centang Aktifkan Tap untuk Menerjemahkan.
  • Di aplikasi apa pun dengan teks yang dapat disalin, pilih dan salin teks yang ingin diterjemahkan.
  • Tap Icon Pop Up yang muncul Aplikasi Terjemahan. Teks yang disalin akan dikirim ke Google dan diterjemahkan secara instan.
  • Hasil terjemahan akan muncul secara otomatis di layar.

Manfaat Google Translate

Apa itu Google Translate? Cara Menggunakan, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Banyak manfaat lain Google Translate (translate.google.com) atau Google Terjemahan (translate.google.co.id) selain berfungsi sebagai alat penerjemah bahasa dengan fitur tambahannya seperti Google Terjemahan offline, teks tulis tangan, voice, percakapan, kamera, dokumen, dan terjemahan Tap. Berikut ini 7 manfaat lain Google Translate yang mungkin tidak diketahui oleh para penggunanya.

1. Sebagai Alat Penerjemah atau Translator

Sebenarnya, hal ini bukanlah manfaat lain Google Translate karena awalnya Google Translate memang dikembangkan sebagai alat penerjemah bahasa online. Sehingga hal ini menjadikan fungsi Google Translate sebagai fungsi yang utama, yaitu sebagai translator online, khususnya Google Translate Indonesia Inggris, yang memang banyak sekali digunakan dalam kegiatan terjemahan Inggris Indonesia.

Namun demikian, dikarenakan pengembangan yang terus dilakukan oleh google terjemahan ini, maka akan banyak sekali manfaat lain Google Translate gratis yang didapatkan selain sebagai penerjemah atau translator.

2. Sebagai Alat Kamus Online

Mungkin sudah banyak yang tahu akan manfaat lain Google Translate ini, yaitu sebagai kamus online (atau terkadang disebut juga “Daring”, Dalam Jaringan).

Karena, ketika pengguna mesin terjemahan ini melakukan penerjemahan per kata, maka secara otomatis, Google Translate akan menampilkan beberapa pilihan hasil terjemahan kata sumber yang dimaksud di dalam bahasa sasaran.

3. Sebagai Alat Tesaurus Online

Kegunaan Google Translate selain sebagai penerjemah dan kamus online, juga dapat bermanfaat sebagai tesaurus atau rujukan pilihan makna kata yang sama (sinonim kata) secara daring (online), sebagaimana yang sudah disinggung pada poin 2, manfaat lain Google Translate sebagai kamus online.

Selain ragam pilihan sinonim kata, juga ditampilkan tingkat penggunaan kata tersebut. Sebagai contoh, kata “dictionary” yang diterjemahkan menjadi “kamus” memiliki indikator batang yang dominan (pada bagian kiri kata) dibandingkan kata kata kitab logat dan bausastra. Sehingga hal ini dapat dikatakan manfaat lain Google Translate, yaitu sebagai tesaurus online.

4. Sebagai Alat Pemeriksa Ejaan Kata

Manfaat lain Google Translate selain sebagai penerjemah bahasa daring yaitu sebagai pemeriksa ejaan kata yang muncul akibat salah ketik (typo).

Bagaimana Google Translate berfungsi sebagai pemeriksa ejaan kata typo (seperti kata translate atau google translate diketik sebagai translat, translet, translte google tanslate, google trasnlate, google trnslate, google transelate dsb). Sangat bermanfaat sekali ketika ingin melakukan pemeriksaan ejaan Bahasa Inggris.

5. Sebagai Alat Belajar Pengucapan Kata Bahasa Asing

Mungkin ini juga sudah banyak yang tahu juga. Bagi yang ingin belajar bahasa asing, misalnya yang ingin Belajar Bahasa Inggris gratis, khususnya bagaimana cara pengucapan kata.

kelebihan Google Translate yang satu ini mungkin dapat digunakan. Untuk proses pengucapan Google Translate Inggris Indonesia, mungkin Bahasa Inggris yang masih tepat pengucapannya, untuk Bahasa Indonesia

6. Sebagai Alat Penerjemah Situs Web

Bagi yang suka berselencar web ke situs yang menggunakan bahasa asing yang benar-benar tidak diketahui apa arti seluruh halaman yang tampil, manfaat lain Google Translate dalam menerjemakan web (bukan menterjemakan web ) ini mungkin bisa dimanfaatkan.

Manfaat lain Google Translate sebagai web translator atau penerjemah halaman web sangat mudah digunakan. Hanya memasukkan halaman yang ingin diterjemahkan kemudian tidak beberapa lama, maka halaman web itu langsung diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan.

7. Sebagai Alat Penerjemah Gratis

Proses pengembangan yang terus menerus dilakukan terhadap Google Translate, menjadi kelebihan tersendiri bagi Google Translate.

Manfaat lain Google Translate selain hanya sekedar menerjemahkan, Google Translate juga mampu menerjemahkan dokumen yang kita miliki. Caranya cukup sederhana, kita hanya tinggal menyalin dan merekatkan (copy paste) dokumen yang ada ke dalam Google Translate.

Terakhir kali penulis mencoba menyalin sebanyak 10 halaman (mungkin ada 3.000 kata) ke dalam Google Translate dan seketika itu juga proses penerjemahan itu terjadi. Manfaat lain Google Translate yang satu ini sangat sesuai bagi yang ingin menerjemahkan dokumennya tanpa mengelurakan biaya sedikitpun, cukup koneksi internet saja, maka dokumen yang ingin diterjemahkan langsung diterjemahkan oleh Google Translate saat itu juga.

One thought on “Apa itu Google Translate? Cara Menggunakan, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Tinggalkan Balasan