5 Penyebab PERUT BUNCIT dan 9 Cara Mengecilkanya

By | 7 September 2019
Penyebab dan Cara Mengecilkan Perut Buncit
9 Shares

Penyebab perut buncit sangat banyak, termasuk kebiasaan yang kita sadari maupun yang tidak disadari. Kita semua telah mengetahui bahwa perut buncit bukanlah tanda yang baik bagi tubuh.

Menjaga bentuk tubuh tetap sehat dan sesuai dengan kriteria bukanlah hal yang mudah, itu membutuhkan dedikasi, disiplin, konsistensi, dan daya tahan yang kuat. Tapi, banyak orang yang akhirnya menghalalkan berbagai cara untuk tidak melakukan sesutau yang mereka benci, seperti mengontrol makanan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penyebab perut buncit dan seringkali dilakukan tanpa disadari.

Apa Saja Penyebab PERUT BUNCIT? Berikut!

penyebab perut buncit da cara mengecilkanya
penyebab perut buncit da cara mengecilkanya

1. Makan larut malam

Makan larut malam penyebab perut buncit
Makan larut malam penyebab perut buncit

Meskipun benar bahwa tubuh Anda secara alami membakar beberapa timbunan lemak saat Anda tidur, namun tubuh tidak akan membakar secara efisien jika Anda tidur pada perut penuh.

Selain menyebabkan lemak pada perut, terlambat makan dan berbaring setelah kenyang dapat meningkatkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal itu terjadi karena perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah.

Untuk mencegah kondisi ini, pertimbangkanlah untuk makan sedikit makanan di malam hari, dan jangan berbaring setidaknya selama tiga jam setelah makan malam.

Jika memungkinkan, makanlah beberapa buah-buahan jika merasa sedikit lapar di malam hari, daripada mengonsumsi makanan-makanan manis untuk memuaskan nafsu makan Anda.


2. Makan ketika sedih, marah atau kesal

Makan ketika marah sedih kesel penyebab perut buncit
Makan ketika marah sedih kesel penyebab perut buncit

Apakah Anda pernah menemukan diri Anda makan tanpa sadar ketika emosi Anda berada di puncaknya? Jika di lain waktu Anda menyadari perilaku seperti ini, cobalah untuk mengubah sikap sebelum Anda berakhir dengan makan makanan cepat saji, seperti burger, nasi goreng, atau mie instan.

Makan di kala emosi memang tidak masalah jika itu dapat membuat Anda merasa lebih baik, namun jika Anda selalu mengandalkan makan setiap kali Anda stres atau marah, janganlah kaget jika timbunan lemak di perut bertambah banyak.

Cara terbaik untuk memerangi respon terhadap stres adalah dengan minum segelas air putih, dan berbicara dengan seorang teman atau berjalan santai untuk menenangkan diri. Pilihlah kegiatan yang tidak melibatkan makan, sehingga Anda dapat menghentikan diri untuk memiliki kalori berlebih ketika Anda merasa emosi.


3. Tidak tidur dengan cukup

tidak tidur dengan cukup penyebab perut buncit
tidak tidur dengan cukup penyebab perut buncit

Idealnya, orang dewasa harus mendapatkan sekitar tujuh hingga sembilan jam waktu tidur setiap malam. Ketika Anda gagal untuk mendapatkan tidur yang cukup, maka tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat dan menyebabkan Anda mengonsumsi makanan tinggi gula.

Dengan pikiran yang seperti itu, maka akan lebih sulit untuk menyingkirkan lemak perut ketika Anda manjaga kebiasaan kurang tidur ini.

Untuk mempertahankan tingkat hormon stres kortisol yang normal, cobalah untuk mendapatkan waktu tidur yang baik setiap malamnya. Dengan cara ini, Anda dapat menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi leptin (hormon yang dapat membuat Anda mengontrol nafsu makan).


4. Menggunakan piring besar setiap kali Anda makan

menggunakan piring besar saat makan penyebab perut buncit
menggunakan piring besar saat makan penyebab perut buncit

Entah itu makan prasmanan atau makan malam biasa di rumah, perhatikanlah ukuran piring Anda setiap kali Anda makan.

Dalam sebuah survei yang dilakukan antara orang-orang obesitas, ditemukan bahwa mereka lebih memiliki piring yang berukuran paling besar di antara piring kecil dan sedang. Dengan ukuran piring yang besar, mereka memiliki lebih banyak ruang untuk menaruh makanan mereka.

Jadi, bagaimana hal ini dapat menjadi penyebab perut buncit? Jawabannya sederhana. Bila Anda memiliki ruang yang besar untuk menumpuk makanan Anda, maka Anda cenderung untuk mengonsumsi lebih dari yang dibutuhkan tubuh Anda.

Hal ini mengarah kepada penimbunan lemak pada tubuh. Oleh karena itu, pilihlah piring yang lebih kecil untuk menahan nafsu makan Anda.


5. Merokok

merokok penyebab perut buncit
merokok penyebab perut buncit

Merokok dapat membantu mengurangi berat badan, tapi hal itu juga dapat menjadi penyebab perut buncit. Banyak orang yang bertahan dengan merokok karena alasan takut memiliki badan gemuk, nyatanya penelitian telah mengungkapkan bahwa bukannya badan kurus malah perut buncit yang didapat oleh para perokok.

Para ilmuwan dari University of Glasgow menemukan bahwa merokok mungkin berhubungan dengan berat keseluruhan yang lebih rendah, namun hal itu cenderung mendorong lemak menuju daerah inti tubuh, yang mengakibatkan perut menjadi lebih besar.


Lantas Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit? Berikut!

Setelah kita mengetahui apa-apa saja penyebab perut buncit, sudah saatnya kita lihat bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang bikin nggak PD ini. Banyak sekali cara untuk mengecilkan perut mulai dari berolahraga hingga menggunakan cara tradisional.


1. Kardio

kardio untuk mengecilkan perut buncit
kardio untuk mengecilkan perut buncit

Kardio merupakan salah satu jenis latihan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh seperti berlari, bersepeda, berenang, dan lainnya. Dengan melakukan kardio, otot-otot di tubuh kita bekerja mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan pundak.


2. Yoga

Yoga untuk mengecilkan perut buncit
Yoga untuk mengecilkan perut buncit

Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lipatan di perut.

Melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks akan memacu tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif.

Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.


3. Sit-up dan push-up

sit-up push-up untuk mengecilkan perut buncit
sit-up push-up untuk mengecilkan perut buncit

Hal mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah sit-up dan push-up. Namun tentu saja Anda harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up. Naikkan intensitas latihan setiap harinya. Hal ini akan membantu Anda mengecilkan perut dalam waktu yang singkat karena dapat menghilangkan lemak di perut.

Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.


4. Mengonsumsi teh hijau

mengkonsumsi teh hijau untuk mengecilkan perut buncit
mengkonsumsi teh hijau untuk mengecilkan perut buncit

Teh hijau terkenal akan banyak khasiatnya. Sejak dulu teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut yang efektif.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur sebelum Anda makan. Dan pastikan pula Anda meminumnya tanpa gula. Dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang saat makan, dan tentu saja mengurangi porsi makan Anda.

Teh Hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolestelor jahat LDL dalam tubuh


5. Mengonsumsi Teh Jeruk Nipis

mengkonsumsi teh jeruk nipis untuk mengecilkan perut buncit
mengkonsumsi teh jeruk nipis untuk mengecilkan perut buncit

Tidak hanya harus menggunakan teh hijau, Anda juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis. Cukup siapkan sekantung teh atau bisa juga menggunakan 3 sendok teh dan 1 jeruk nipis, dan segelas air panas. Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Konsumsilah secara rutin.


6. Mengonsumsi Madu dan Jahe

mengkonsumsi madu dan jahe untuk mengecilkan perut buncit
mengkonsumsi madu dan jahe untuk mengecilkan perut buncit

Madu memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Madu pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit. Madu mengandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa.

Sedangkan jahe, secara alami mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa mengurangi asupan makan dengan mudah karena merasa tidak terlalu lapar.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Campurkan 3 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe ke dalam gelas dan diseduh air panas. Minumlah 2 kali sehari.


7. Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

mengkonsumsi sayur dan buah-buahan untuk mengecilkan perut buncit
mengkonsumsi sayur dan buah-buahan untuk mengecilkan perut buncit

Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah makanan rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan tinggi serat.

Kandungan serta yang tinggi ini akan membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung lebih baik agar dapat melarutkan lemak.

Sebuah studi mengatakan bahwa mengonsumsi 14 gram serat setiap harinya dapat menurunkan asupan kalori sebesar 10 persen dan mengurangi 4 persen lemak di perut.


8. Membatasi makanan dengan kadar gula yang tinggi

membatasi konsumsi makanan kadar gula tinggi untuk mengecilkan perut buncit
membatasi konsumsi makanan kadar gula tinggi untuk mengecilkan perut buncit

Ada dua macam gula yang terdapat pada makanan, yaitu glukosa dan fruktosa. Fruktosa hanya dapat dimetabolisme di hati dalam takaran tertentu.

Jika Anda mengonsumsi makan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi, hati Anda tidak akan sanggup untuk memetabolisme seluruh fruktosa dan hanya akan mengubahnya menjadi lemak yang menumpuk di perut.


9. Tidak makan menjelang tidur

hindar makan menjelang tidur untuk mengecilkan perut buncit
hindar makan menjelang tidur untuk mengecilkan perut buncit

Salah satu penyebab perut buncit seperti yang telah dijelaskan di atas adalah makan sebelum tidur. Oleh karena itu hindarilah makan tepat sebelum tidur. Diperlukan waktu 2 jam bagi makanan untuk diproses.

Tidak adanya aktivitas sebelum tidur hanya akan membuat kalori yang masuk diubah menjadi lemak bukannya energi.


Melakukan berbagai macam usaha di atas tak akan membuahkan hasil jika Anda tidak memiliki niat yang sungguh-sungguh. Sehingga jika Anda memang ingin mengecilkan perut buncit, lakukan usaha tersebut dengan niat.



Tinggalkan Balasan